Monday 15 December 2008

SK - Hari 5: BERBELAS KASIH


Hari ini aku merasakan bahwa Allah berbelas kasih kepadaku. Apa itu belas kasih? Apakah belas kasih selalu bermakna memberi kepada yang lebih lemah? Ternyata tidak. Belas kasih kumaknai seperti ini:
Belas = memberi = memenuhi kerinduan
Kasih = tanpa syarat
Maka berbelas kasih berarti memenuhi kerinduan tanpa syarat apapun.
Hari ini aku merasa bosan. aku hanya mendekam di kamar bersama buku-buku yang kubawa. Semakin kusadari betapa aku memang tidak penting bagi orang lain, namun aku mencoba menyadari bahwa Tuhan sedang memandangku dengan penuh belas kasih. Ia sudah memenuhi kerinduanku untuk pergi ke tempat ini tanpa syarat. Sedangkan aku? Sudahkah aku berbelas kasih kepadaNya? Memenuhi kerinduanNya tanpa syarat?
Tuhan, berikanlah aku hati yang peka supaya aku mengenal apa yang menjadi kerinduanMu terhadapku. Dan bilamana aku menemukannya nanti, bantulah aku untuk dapat memenuhinya tanpa syarat.
Hari ini aku belajar, salah satu ciri khas orang yang rendah hati adalah mau berbelas kasih terhadap sesamanya, terutama terhadap Tuhan. Tidak hanya cinta kasih yang kita berikan kepada Tuhan, namun juga belas kasih bagi Dia.

0 comments: