Monday 15 December 2008

SK - Hari 15: JAWABANNYA ADALAH (TIDAK)


Rekor! Lagi-lagi bangunnya kesiangan, dan efeknya seharian, merengut. Hari ini kurang menarik tapi ada sms mengejutkan dari Papa Mul: “Bgm, ada muncul gerak Roh Kudus utk tarekat karya kerasulan aktif?” (gubrak!!!) dan seharian bunyi sms itu menggangguku, meski sudah kujawab siang tadi juga. Sebenarnya bukan pertanyaannya yang mengganggu, melainkan jawabannya. Jawaban yang masih sama. Ataukah aku harus mengubah jawaban itu?
aku juga tadi sempat ngobrol dengan Rm.Bowo. Beliau menceritakan pengalamannya bagaimana Beliau belum merelakan kamera yang hilang beserta file isinya. Beliau mencoba untuk bersikap menerima dan merelakan semuanya itu terjadi, namun rasanya tetap saja ada ganjalan. Memang ternyata bukan kameranya yang menjadi masalah, melainkan apa yang ada di dalamnya. Beliau kehilangan rekaman pengalaman hidup yang ada di dalamnya.
Tuhan, ternyata pikiran manusia itu serupa dengan kamera. Ia hanya merekam apa yang menarik dan mengatakan “Tidak” (=melupakan/membuang) apa yang tidak menarik. Sayangnya, yang tidak menarik itu justru kita sesali dan kita ingini untuk kembali setelah ada orang lain yang memberi makna baru pada gambar itu.
Tuhan, semoga kami berani melihat masa lalu dengan makna masa kini dan terbuka untuk menatap masa depan.

0 comments: